Sunday, November 5, 2023

Monosuka untuk Para Romo Domus


Sebenarnya bagi para romo Domus Pacis Santo Petrus acara Minggu itu ada kebebasan untuk ikut atau tidak.  Pada waktu makan pagi Minggu itu, tanggal 5 November 2023, Rm. Hartanta memberi pengumuman "Mangke jam 10.00 wonten Misa Arwah ing Seminari. Kangge para romo monosuka badhe tumut menapa mboten" (Nanti jam 10.00 akan ada Misa Arwah di Seminari Tinggi Santo Paulus. Untuk para romo Domus fakultatif, bebas mau ikut atau tidak). Yang menyatakan mau ikut adalah Rm. Yadi, Rm. Jarot, Mgr. Blasius, dan Rm. Harto.

Pada Minggu itu Seminari Tinggi mengadakan Misa Arwah. Sebenarnya hal itu sudah biasa terjadi di Seminari pada setiap bulan November. Dalam hal itu ada keistimewaan yang terjadi. Yang pertama, Misa itu khusus diujubkan untuk para romo yang dimakamkan di Makam Unio di Kompleks Seminari. Yang kedua, tampaknya ini menjadi hal yang amat mengesankan. Semua keluarga dan sanak famili dari para almarhum romo di situ mendapatkan undangan untuk hatir mengikuti. Tentu saja ada keluarga yang mungkin berhalangan. Rm. Bambang mendapatkan informasi bahwa yang akan hadir ada sekitar 350 orang. Para almarhum romo yang dimakamkan di situ ada lebih dari 50 orang. Peristiwa seperti itu bagaimanapun juga menghadirkan gebyar batin bagi keluarga yang datang. Mereka bisa bersama-sama tabur bunga di nisan-nisan para almarhum. Semua juga bisa menikmati nasi soto yang disediakan oleh Seminari.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...