Thursday, November 23, 2023

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Andreas Dung Lac, Imam dan Kawan-kawan Martir

Jumat, 24 November 2023

Lukas 19:45-48

45 Lalu Yesus masuk ke Bait Allah dan mulailah Ia mengusir semua pedagang di situ, 46 kata-Nya kepada mereka: "Ada tertulis: Rumah-Ku adalah rumah doa. Tetapi kamu menjadikannya sarang penyamun." 47 Tiap-tiap hari Ia mengajar di dalam Bait Allah. Imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat serta orang-orang terkemuka dari bangsa Israel berusaha untuk membinasakan Dia, 48 tetapi mereka tidak tahu, bagaimana harus melakukannya, sebab seluruh rakyat terpikat kepada-Nya dan ingin mendengarkan Dia.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, uang memang penting untuk kelangsungan hidup. Agamapun juga membutuhkan uang untuk menjalani program dan kegiatannya.
  • Tampaknya, dalam agama orang bisa mencari uang lewat kegiatannya. Semua kegiatan bahkan untuk pelaksanaan ibadat atau liturgi juga membutuhkan pembeayaan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun uang juga dibutuhkan untuk hidup beragama, kalau kegiatan olah hubungan batin di dalam hati diperalat untuk cari uang, itu sejatinya berubah menjadi perampokan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa kalau mencari untung dengan kegiatan agama sejatinya dia sudah jadi penyamun.

Ah, beragama juga butuh uang ini itu.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...