Sunday, November 26, 2023

Lamunan Pekan Biasa XXXIV

Senin, 27 November 2023

Lukas 21:1-4

1 Ketika Yesus mengangkat muka-Nya, Ia melihat orang-orang kaya memasukkan persembahan mereka ke dalam peti persembahan. 2 Ia melihat juga seorang janda miskin memasukkan dua peser ke dalam peti itu. 3 Lalu Ia berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang itu. 4 Sebab mereka semua memberi persembahannya dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, bahkan ia memberi seluruh nafkahnya."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, dalam agama orang didorong untuk memperhatikan yang papa dan terlantar. Dalam negara pun ada dinas sosial.
  • Tampaknya, kaum papa dan terlantar memang perlu santunan untuk melangsungkan hidup. Gerakan-gerakan sosial juga banyak yang menghimpun bantuan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun kaum papa dan terlantar harus diperhatikan untuk kelangsungan hidupnya, di dalam kekurangannya mereka juga bisa ambil bagian memberi bantuan untuk kepentingan umum karena bantuan sejati mengalir dari hati. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa bantuan sejati tidak terutama diukur dari besar kecilnya atau banyak sedikitnya pemberian tetapi dari keikhlasannya.

Ah, bantuan besar jelas jauh lebih membanggakan.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...