Wednesday, November 1, 2023

Lamunan Hari Raya

Arwah Semua Orang Beriman

Kamis, 2 November 2023

Yohanes 6:37-40

37 Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang. 38 Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku. 39 Dan Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman. 40 Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, ada gambaran bahwa yang surgawi amat tidak bisa dibandingkan yang duniawi. Segalanya serba misteri dan tak dapat dipahami dengan pola pikirkan dunia.
  • Tampaknya, berhadapan dengan misteri ilahi orang harus percaya. Apapun yang berkaitan dengan Tuhan orang harus menerima begitu saja.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun alam ketuhanan penuh dengan daya misteri, tetapi karena kehendak-Nya dengan memahami dan menerima inti kemanusiaan orang mengalami sifat kekal dan kemuliaan Tuhan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa lewat yang sungguh manusiawi orang menghayati anugrah kehendak Tuhan.  

Ah, misteri Tuhan tak akan dipahami sama sekali oleh manusia.

No comments:

Post a Comment

Jadi Asisten Menerima Tamu

Minggu 14 Juli 2024. Mbak Pariyah, salah satu karyawan Domus, masuk kamar Rm. Bambang yang baru menghadapi laptop. " Ngga, rama, direnc...