Sunday, November 5, 2023

Lamunan Pekan Biasa XXXI

Senin, 6 November 2023

Lukas 14:12-14

12 Dan Yesus berkata juga kepada orang yang mengundang Dia: "Apabila engkau mengadakan perjamuan siang atau perjamuan malam, janganlah engkau mengundang sahabat-sahabatmu atau saudara-saudaramu atau kaum keluargamu atau tetangga-tetanggamu yang kaya, karena mereka akan membalasnya dengan mengundang engkau pula dan dengan demikian engkau mendapat balasnya. 13 Tetapi apabila engkau mengadakan perjamuan, undanglah orang-orang miskin, orang-orang cacat, orang-orang lumpuh dan orang-orang buta. 14 Dan engkau akan berbahagia, karena mereka tidak mempunyai apa-apa untuk membalasnya kepadamu. Sebab engkau akan mendapat balasnya pada hari kebangkitan orang-orang benar."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, sebuah pesta biasa menjadi jumpa persaudaraan. Di situ terjadi perjumpaan antar orang dekat.
  • Tampaknya, sebuah pesta juga bisa menjadi ajang meraih harga sosial. Penyelenggara atau pemilik pesta dapat mengundang orang-orang terhormat untuk menunjukkan dan meningkatkan tingkat status sosialnya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun sebuah hajatan dapat menjadi ajang jumpa orang dekat bahkan untuk meraih penghormatan sosial, keluhuran sebuah hajatan justru mengalir dari hadirnya undangan yang terdiri dari kaum kecil, lemah, miskin, tersingkir dan difabel. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa tingkat kehormatan sosial terletak pada tingkat perhatiannya pada kaum papa dan menderita.

Ah, hajatan yang hebat itu kalau banyak pejabat tinggi hadir.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...