Thursday, November 2, 2023

Lamunan Pekan Biasa XXX

Jumat, 3 November 2023

Lukas 14:1-6

1 Pada suatu hari Sabat Yesus datang ke rumah salah seorang pemimpin dari orang-orang Farisi untuk makan di situ. Semua yang hadir mengamat-amati Dia dengan saksama. 2 Tiba-tiba datanglah seorang yang sakit busung air berdiri di hadapan-Nya. 3 Lalu Yesus berkata kepada ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi itu, kata-Nya: "Diperbolehkankah menyembuhkan orang pada hari Sabat atau tidak?" 4 Mereka itu diam semuanya. Lalu Ia memegang tangan orang sakit itu dan menyembuhkannya dan menyuruhnya pergi. 5 Kemudian Ia berkata kepada mereka: "Siapakah di antara kamu yang tidak segera menarik ke luar anaknya atau lembunya kalau terperosok ke dalam sebuah sumur, meskipun pada hari Sabat?" 6 Mereka tidak sanggup membantah-Nya.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, ada gambaran bahwa untuk beriman orang akan tekun beragama. Seteliti dan sedisiplin mungkin orang akan menjalani apapun yang diatur oleh agama.
  • Tampaknya, demi tegaknya agama orang bisa menjaga kedisiplinan umat dalam ketaatan pada tatanan yang ada. Kalau ada yang tidak menjalani apalagi tokoh, penegak agama bisa selalu mengawasi.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun tatanan dalam agama sungguh menjadi pegangan beriman atau takwa pada Tuhan, untuk menjalani kesejatian iman orang mengutamakan amanat dasar agama demi damai sejahteranya orang. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang bisa tak menjalani tatanan agama pada saat tertentu demi keselamatan orang lain terutama yang papa dan terlantar.

Ah, sekalipun demi menolong orang, bagaimanapun juga aturan agama harus dijalani.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...