Wednesday, November 22, 2023

Lamunan Pekan Biasa XXXIII

Kamis, 23 November 2023

Lukas 19:41-44

41 Dan ketika Yesus telah dekat dan melihat kota itu, Ia menangisinya, 42 kata-Nya: "Wahai, betapa baiknya jika pada hari ini juga engkau mengerti apa yang perlu untuk damai sejahteramu! Tetapi sekarang hal itu tersembunyi bagi matamu. 43 Sebab akan datang harinya, bahwa musuhmu akan mengelilingi engkau dengan kubu, lalu mengepung engkau dan menghimpit engkau dari segala jurusan, 44 dan mereka akan membinasakan engkau beserta dengan pendudukmu dan pada tembokmu mereka tidak akan membiarkan satu batupun tinggal terletak di atas batu yang lain, karena engkau tidak mengetahui saat, bilamana Allah melawat engkau."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, orang bisa memiliki rasa membenci tempat yang menjadi basis musuh. Di situ musuh-musuh selalu berusaha menjatuhkannya.
  • Tampaknya, orang bisa merasa senang kalau melihat bahaya mengancam musuh yang selalu meribetinya. Apalagi kalau musuh itu juga mengancam hidupnya, dia bisa merasa terbantu oleh bahaya yang mengancam musuh.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul dekat dengan kedalaman batin, sekalipun menjadi tempat di mana musuh-musuh pengancam hidup tinggal, orang yang sungguh baik akan berprihatin terhadap sikap dan pandangan hidup musuh yang teledor sehingga ada bahaya yang mengancam tidak mengetahui. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung orang baik tetap terbuka mencintai musuh dan berprihatin terhadap nasib musuh yang terancam.


Ah, kecelakaan musuh kan berarti hadirnya kedamaian kita.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...