Monday, November 27, 2023

Romo Sepuh Juga Manusia

Di dalam https://www.google.com/Mistagogi dalam Katolik dijelaskan bahwa "Mistagogi sendiri berarti pendalaman iman, diharapkan dengan adanya program ini, umat yang baru bergabung menjadi anggota gereja Katolik bisa semakin memperdalam keimanannya sekaligus mengerti panggilannya bukan hanya sebagai umat Katolik yang pasif tapi juga ke depannya dapat ikut berkontribusi dalam tugas pelayanan ..." Itu biasa terjadi bagi orang yang baru saja menerima Sakramen Permandian. Dengan demikian Mistagogi menjadi semacam pendampingan lanjut.


Pada Minggu 26 November 2023 ada rombongan tamu dari Paroki Brayut. Ternyata itu adalah program Mistagogi tetapi untuk mereka yang baru saja menerima Sakramen Penguatan. Untuk pendampingan lanjut yang baru menerima Sakramen Penguatan, Tim Paroki mengadakan kunjungan ke romo sepuh di Domus Pacis Santo Petrus. Selain Rm. Hartanta sebagai direktur Domus, para romo yang ikut menyambut adalah Rm. Yadi, Rm. Harto, Rm. Ria, Mgr. Blasius, Rm. Jarot, dan Rm. Bambang. Sesudah Rm. Hartanto memberikan kata-kata Selamat Datang, acara diserahkan kepada Rm. Bambang sebagai pemandu. Dengan kata-kata humor Rm. Bambang mengenalkan satu per satu para romo yang ada. Kemudian para tamu diminta untuk omong-omong dengan teman dekatnya untuk membuat pertanyaan yang diajukan ke para romo sepuh. Sebetulnya pertanyaan-pertanyaan yang muncul mirip-mirip yang disampaikan oleh banyak rombongan lain. Tetapi karena suasana sungguh akrab penuh canda tawa, pertanyaan biasa pun bisa menghadirkan kelucuan. Misalnya, "Apa yang dilakukan oleh para romo di kamar?" Itu ditanyakan setelah tahu bahwa sebagian besar waktu para romo berada dalam kamar masing-masing. Ternyata ada salah satu romo yang menjawab "Seperti para romo lain, banyak hal yang membuat senang di kamar. Tetapi untuk saya ada yang tak menyenangkan, yaitu datangnya karyawan meminta menuju ruang makan karena santap bersama". Terhadap jawaban ini ada yang tanya "Mengapa tidak senang?" yang langsung dijawab "Saya harus meninggalkan sinetron TV yang amat menarik".

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...