Wednesday, April 26, 2023

Lamunan Pekan Paskah III

Kamis, 27 April 2023

Yohanes 6:44-51

44 Tidak ada seorangpun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman. 45 Ada tertulis dalam kitab nabi-nabi: Dan mereka semua akan diajar oleh Allah. Dan setiap orang, yang telah mendengar dan menerima pengajaran dari Bapa, datang kepada-Ku. 46 Hal itu tidak berarti, bahwa ada orang yang telah melihat Bapa. Hanya Dia yang datang dari Allah, Dialah yang telah melihat Bapa. 47 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya, ia mempunyai hidup yang kekal. 48 Akulah roti hidup. 49 Nenek moyangmu telah makan manna di padang gurun dan mereka telah mati. 50 Inilah roti yang turun dari sorga: Barangsiapa makan dari padanya, ia tidak akan mati. 51 Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, orang dapat yakin bahwa dengan beragama dia ikut Tuhan. Untuk dekat Tuhan orang akan tekun menjalani agama.
  • Tampaknya, orang juga bisa memperdalam ilmu dan tekhnik doa dan meditasi agar mudah jumpa Tuhan. Pada zaman kini ada pelatihan-pelatihan dan gerakan-gerakan olah rohani.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun tekun beragama dan menjalani berbagai latihan rohani, orang sadar bahwa kedekatan dengan Tuhan adalah karya ilahi yang selalu menggerayangi dan membimbing relung hati. Dalam yang Ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati untuk ada dalam kesatuan dengan Tuhan orang membuka hati ditarik untuk ikut daya dan kehendak-Nya.

Ah, asal ikut kelompok dan hatihan-latihan rohani orang akan punya jalan mulus bersatu dengan Tuhan.

No comments:

Post a Comment

Jadi Katekumen Masuk Sorga Minggu 5

    "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Ker...