Saturday, April 8, 2023

Lamunan Hari Raya

Paskah Pagi

Minggu, 9 April 2023

Yohanes 20:1-9

1 Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur. 2 Ia berlari-lari mendapatkan Simon Petrus dan murid yang lain yang dikasihi Yesus, dan berkata kepada mereka: "Tuhan telah diambil orang dari kuburnya dan kami tidak tahu di mana Ia diletakkan." 3 Maka berangkatlah Petrus dan murid yang lain itu ke kubur. 4 Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat dari pada Petrus sehingga lebih dahulu sampai di kubur. 5 Ia menjenguk ke dalam, dan melihat kain kapan terletak di tanah; akan tetapi ia tidak masuk ke dalam. 6 Maka datanglah Simon Petrus juga menyusul dia dan masuk ke dalam kubur itu. Ia melihat kain kapan terletak di tanah, 7 sedang kain peluh yang tadinya ada di kepala Yesus tidak terletak dekat kain kapan itu, tetapi agak di samping di tempat yang lain dan sudah tergulung. 8 Maka masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu dan ia melihatnya dan percaya. 9 Sebab selama itu mereka belum mengerti isi Kitab Suci yang mengatakan, bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, Gereja Katolik sudah cukup lama setiap tahun menjadikan bulan September sebagai bulan Kitab Suci. Umat diharapkan akrab dan memahami Kitab Suci.
  • Tampaknya, untuk memahaminya umat juga mengadakan pendalaman-pendalaman Kitab Suci. Lebih dri itu kursus-kursus Kitab Suci juga diselenggarakan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, sekalipun tekun membaca dan bahkan ikut pendalaman dan kursus-kursus Kitab Suci untuk memahaminya, orang belum tentu dapat mengerti isinya kalau tidak menghadapkannya pada realita hidup yang dialami. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan mengakrabkan diri dengan Kitab Suci terutama untuk mengalaskan hidup rohani dan bukan terutama sebagai kekayaan kognitif.

Ah, kalau tahu banyak tentang Kitab Suci dan pintar menafsirkan, ya jelas sudah dekat dengan Tuhan.

No comments:

Post a Comment

Jadi Katekumen Masuk Sorga Minggu 5

    "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Ker...