Friday, April 21, 2023

Lamunan Pekan Paskah II

Sabtu, 22 April 2023

Yohanes 6:16-21

16 Dan ketika hari sudah mulai malam, murid-murid Yesus pergi ke danau, lalu naik ke perahu 17 dan menyeberang ke Kapernaum. Ketika hari sudah gelap Yesus belum juga datang mendapatkan mereka, 18 sedang laut bergelora karena angin kencang. 19 Sesudah mereka mendayung kira-kira dua tiga mil jauhnya, mereka melihat Yesus berjalan di atas air mendekati perahu itu. Maka ketakutanlah mereka. 20 Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Aku ini, jangan takut!" 21 Mereka mau menaikkan Dia ke dalam perahu, dan seketika juga perahu itu sampai ke pantai yang mereka tujui.

Butir-butir Permenungan

 

·       Tampaknya, pada umumnya orang sadar bahwa hidup adalah perjalanan. Orang punya tujuan atau kerinduan atau cita-cita yang ingin diraih dalam kekiniannya.

·       Tampaknya, orang bisa mengalami kendala untuk meraihnya. Kendala itu bisa fisik lahiriah dan atau psikis batiniah yang membuat perasaan dijangkiti ketakutan.

·       Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul dekat dengan kedalaman batin, seberat apapun beban yang dihadapi bahkan bisa menjadi kendala dalam menjalani kehidupan kongkret, kalau selalu mengangkat suara nurani masuk dalam dirinya orang dapat merasa tenang dan merasa cepat meraih yang dirindukan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya deng gema relung hati dalam keadaan apapun dalam penghayatan hidup orang akan mengandalkan suara hati nurani.

Ah, yang pokok dalam hidup ini orang menerima saja apa yang ada.

No comments:

Post a Comment

Jadi Katekumen Masuk Sorga Minggu 5

    "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Ker...