Wednesday, April 12, 2023

Di Kompleks Seminari Tapi Bukan Seminari

Domus Pacis St. Petrus memang berada di Kompleks Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan. Sebenarnya, selain dirinya sebagai lembaga, Kompleks Seminari Tinggi Kentungan juga merangkum tiga kelembagaan lain. Ada lembaga Universitas Sanata Dharma Fakultas Teologi yang gedungnya langsung sambung dengan gedung Seminari Tingi. Mahasiswa Fakultas Teologi tidak hanya terdiri dari frater-frater calon imam yang tinggal di Seminari. Ada banyak lain yang berasal dari rumah-rumah seperti milik SY di Kolese Ignatius Kotabaru, SCY, MSF, Anging Mamiri, CSSR dan masih ada lain-lainnya. Di sebelah belakang Fakultas Teologi ada Makam UNIO KAS. Itu adalah makam para romo yang terutama diperuntukkan bagi para romo Persaudaraan Imam Praja UNIO Keuskupan Agung Semarang. Yang terakhir adalah Domus Pacis Santo Petrus. Ini adalah rumah yang disediakan terutama bagi para romo praja sepuh Keuskupan Agung Semarang.


Yang paling banyak belum begitu dipahami adalah keberadaan Domus Pacis sebagai Komunitas tersendiri. Harus dipahami bahwa sekalipun di kalangan Katolik, bahkan umat Keuskupan Agung Semarang, banyak yang belum tahu Domus Pacis di Kentungan. Kalau ada yang pernah bersentuhanan dengan Domus Pacis, banyak yang keliru datang di Pringwulung ketika mendapat undangan dari Domus Pacis Santo Petrus. Kalau ada yang sudah mendengar dan juga sudah datang di Domus Pacis Kentungan, mereka mengira bahwa itu adalah bagian Komunitas Seminari Tinggi. Bahkan pada bulan April 2023 ada yang jelas baru tahu bahwa Seminari Tinggi dan Domus Pacis itu berbeda. Sekalipun bangunannya berdampingan dengan Seminari, bahkan ada lorong yang menghubungan Domus dengan Seminari bagian dapur, tetapi Domus memiliki urusan rumah tangga terpisah dari Seminari. Pada suatu ketika ada tamu yang bilang ke Rm. Bambang "Saya pernah mengirim jeruk satu keranjang, lho" yang dijawab "Kapan?". Dia bilang itu diserahkan pada penerima tamu depan. Ternyata yang dimaksud depan adalah ruang tamu Seminari. Rm. Bambang kemudian menjelaskan bahwa Domus beda dengan Seminari. Peristiwa lain, ada peresmian rumah biara. Seorang tamu dari Jakarta mengirim video ke Rm. Bambang. Kemudian dia mengirim pesan WA "Sepertinya Kentungan juga dapat undangan" dan Rm. Bambang menjawab "Yg dapat Seminari. Bukan Domus".

No comments:

Post a Comment

Jadi Katekumen Masuk Sorga Minggu 5

    "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Ker...