Monday, April 17, 2023

Lamunan Pekan Paskah II

Selasa, 18 April 2023

Yohanes 3:7-15

7 Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali. 8 Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh. " 9 Nikodemus menjawab, katanya: "Bagaimanakah mungkin hal itu terjadi?" 10 Jawab Yesus: "Engkau adalah pengajar Israel, dan engkau tidak mengerti hal-hal itu? 11 Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kami berkata-kata tentang apa yang kami ketahui dan kami bersaksi tentang apa yang kami lihat, tetapi kamu tidak menerima kesaksian kami. 12 Kamu tidak percaya, waktu Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal duniawi, bagaimana kamu akan percaya, kalau Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal sorgawi? 13 Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia. 14 Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, 15 supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, kedudukan bisa menghadirkan bobot kepercayaan bagi orang lain. Makin tinggi status sosialnya orang dapat membawa orang-orang sekitarnya mendapatkan kesejahteraan.
  • Tampaknya, kekayaan juga bisa membuat pemiliknya mendapatkan penghormatan khusus. Makin kaya seseorang makin kuat dia dalam menghadirkan kesejahteraan bagi orang-orang dekatnya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun kedudukan dan kekayaan dapat menghadirkan kemuliaan hidup, sejatinya yang sungguh mulia adalah proses perjuangannya demi kebaikan umum yang dengan ikhlas melewati susah derita hidup. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menemukan kesejatian kedamaian hidup karena meneladan sosok yang rela menderita demi damai sejahtera umum.

Ah, yang baik itu adalah yang suka bagi-bagi uang atau sembako.

No comments:

Post a Comment

Jadi Katekumen Masuk Sorga Minggu 5

    "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Ker...