Friday, April 28, 2023

Ultah Imamat ke 42?


Tampaknya alumni Seminari Menengah Mertoyudan termasuk yang cukup terorganisasi. Memang, yang aktif bergerak mantan siswa yang tidak melanjutkan ke jenjang imamat. Tetapi persaudaraan antara yang pernah mengenyam menjadi frater dan tidak terjadi dalam jaringan daerah tertentu dan atau angkatan masuk tahun tertentu. Salah satu di antaranya adalah kelompok angkatan "679", karena masuk tahun 1967 yang lulusan SD dan 1969 yang lulusan SMP.  Mereka tergabung dalam Grup WA "Exsem Baru 679". Ini adalah kelompok alumni yang berbasis di Yogyakarta karena mayoritas anggotanya tinggal di Yogya. Yang menjadi koordinator adalah Mas Sigit Darmadi. Pada bulan Maret 2023 dalam Grup WA ini ada pengumuman sebagai berikut : 

-----------------------------------------------------------------------------------------

Ytk. Sahabat EXSEM 679 beserta Ibu

Dalam rangka Mangayubagya Pengetan 42 tahun Imamat Rm. D. Bambang Sutrisno, Pr. beberapa bulan yang lalu dan kunjungan kepada romo-romo di Domus Pacis, dengan hormat kami mengharap kehadiran Sahabat EXSEM 679 beserta Ibu pada: 

Hari Kamis, 27 April 2023, pukul 10.00 - selesai, bertempat di Domus Pacis, Seminari Tinggi St. Paulus, Kentungan, Jl. Kaliurang km. 6,5 Yogyakarta

Besar harapan kami dan akan sangat membahagiakan kami apabila panjenengan berkenan hadir sekaligus Kumpul Kangen bersama.

Konfirmasi kehadiran panjenengan akan sangat membantu kami dengan mengisi daftar kehadiran.

Atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

Salam EXSEM 679

-----------------------------------------------------------------------------------------

Rm. Bambang memang menjadi anggota kelompok tersebut. Dia masuk Seminari Mertoyudan pada tahun 1970 sebagai lulusan SMA. Di Mertoyudan Rm. Bambang masuk kelas 2 tingkat di atas dari pada umumnya para anggota grup. Tetapi sejak tinggal di rumah para romo tua Domus Pacis Puren, Pringwulung, dia diajak masuk ikut menjadi bagian kelompok Exsem Baru 679. Sebenarnya bagi Rm. Bambang, berkaitan dengan pengumuman di atas, yang menjadi soal adalah ulang tahun imamatnya sudah terjadi pada bulan Januari. Dia ditahbiskan pada 22 Januari 1981. Tetapi koordinator Ex Seminaris 679 bilang bahwa pada ulang tahun ke 40 dan 41 juga tidak dapat ikut memperingati karena pertemuan rutin 3 bulan sekali terhenti disebabkan oleh pandemi Covid-19. Maka rencana Kamis 27 April 2023 dijadikan dimulainya lagi pertemuan Exsem 679.

Pada Kamis seperti direncanakan, ada 36 orang hadir. Dari 26 mantan Seminaris masuk SD tahun 1967 dan masuk SMP 1969, 2 orang pamit. Ada yang masih menunggu cucu di Jakarta karena tak ada pembantu, ada yang tiba-tiba flu berat. Setelah 2 tahun lebih karena pandemi tak ada kumpulan rutin, pertemuan itu sungguh menjadi arena kangen-kangenan. Bahkan Mas Wahyudi, yang kini berusia 70 tahun, sudah 56 tahun belum pernah jumpa. Dan ada juga yang bersemangat datang dengan sendiri mengendarai mobil dari Jakarta, yaitu Mas Kartono. Karena kepadatan lalu lintas sehingga dia harus berada lama di pejalanan, dia berangkat pada Rabu 26 April 2023 jam 17.00 langsung menuju Domus Pacis dan sampai pada sekitar jam 13.00 Kamis 27 April 2023. Pertemuan dimulai pada jam 10.15 dengan tampilnya Mas Muryanto menyampaikan selamat datang kepada teman-teman ex Seminaris dan para istrri yang menyertai. Ucapan terima kasih disampaikan kepada para romo yang ikut menyambut, yaitu Rm. Hartanta, Rm. Harto, Rm. Ria, Mgr. Blasius, dan Rm. Bambang. Setelah itu ada Doa Rosario yang dipimpin oleh Mas Sigit. Usai Rosario Rm. Hartanta diminta memberikan sambutan dilanjutkan sharing pengalaman imamat dari Rm. Bambang. Makan bersama dilanjutkan dengan omong-omong santai sungguh sangat asyik. 

No comments:

Post a Comment

Jadi Katekumen Masuk Sorga Minggu 5

    "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Ker...