Sunday, February 26, 2023

Ibu-ibu Menghibur Romo-romo Sepuh


Ini kisah hari Sabtu 25 Februari 2023. Ketika jam mendekati angka 09.00 seorang karyawan memberi tahu Rm. Bambang bahwa rombongan tamu sudah datang. Rm. Bambang tidak merasa harus segera ikut menemui. Tetapi ketika keluar kamar, dia melihat para ibu berseragam biru sudah duduk di bagian barat ruang besar. Ketika mendekat dia langsung disambut berdirinya para tamu untuk menyalaminya. Ternyata Rm. Harto, Rm. Ria, dan Mgr. Blasius sudah berada di situ. Ketika sudah duduk di tempat masing-masing, dari para tamu ada yang bertanya tentang salah satu romo "Kok belum tampak?" Beliau pernah berkarya di paroki asal para tamu. "Yen makaten, sadaya kula aturi sowan panjenenganipun rumiyin" (Kalau begitu silahkan datang ke beliau lebih dahulu) kata Rm. Bambang. Rm. Bambang mengatakan bahwa beliau harus dikunjungi secara tersendiri. Ternyata hanya sekitar separo tamu yang pergi ke romo itu.

Sebenarnya ketika makan pagi Rm. Hartanta, Direktur Domus Pacis Santo Petrus, sudah memberi tahu bahwa tamu dari Sala akan berkunjung ke romo yang tadi ditanyakan. Kepada Rm. Bambang Rm. Hartanta bilang bahwa sesudah itu mereka juga ingin berjumpa dengan para romo lain yang bisa menemui. Tetapi ketika datang, seorang karyawan langsung membawa semua tamu masuk ruang besar. Itulah sebabnya Rm. Bambang meminta para tamu berkunjung ke romo tersebut. Karena ada sekitar separo masih tertinggal, maka yang serparo itu kemudian omong-omong dengan Mgr. Blasius, Rm. Harto, Rm. Ria, dan Rm. Bambang. Omongan tentang keadaan Domus dan isinya ternyara amat menarik bagi para tamu. Ketika separo lain datang, omong-omong diteruskan. Kemudian datang pula Rm. Yadi yang pernah ikut membantu Paroki Purbowardayan. Semua tamu, yang datang sebagai Wanita Katolik RI Paroki Purbowardayan, sudah mengenal beliau. Tanya jawab lebih seru. Ternyata para tamu bilang datang juga untuk menghibur para romo. Mereka menyiapkan lembar-lembar yang berisi nyanyian. Dua buah lagu dinyanyikan bersama oleh para tamu. Seusai nyanyian Rm. Bambang bilang kepada para romo "Kita kedatangan perempuan-perempuan penghibur"yang membuat para tamu ngakak tertawa.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...