Sunday, February 5, 2023

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Paulus Miki, Imam dan Kawan-kawan Martir

Senin, 6 Februari 2023

Markus 6:53-56

853 Setibanya di seberang Yesus dan murid-murid-Nya mendarat di Genesaret dan berlabuh di situ. 54 Ketika mereka keluar dari perahu, orang segera mengenal Yesus. 55 Maka berlari-larilah mereka ke seluruh daerah itu dan mulai mengusung orang-orang sakit di atas tilamnya kepada Yesus, di mana saja kabarnya Ia berada. 56 Ke manapun Ia pergi, ke desa-desa, ke kota-kota, atau ke kampung-kampung, orang meletakkan orang-orang sakit di pasar dan memohon kepada-Nya, supaya mereka diperkenankan hanya menjamah jumbai jubah-Nya saja. Dan semua orang yang menjamah-Nya menjadi sembuh.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, yang namanya kepercayaan iman biasa dikaitkan dengan hidup beragama. Orang dianggap beriman karena memeluk agama.
  • Tampaknya, orang dipandang serius beriman karena disiplin menjalani wajib-wajib agama. Dia tak alpa berdoa, bersedekah, dan berpuasa.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, sekalipun agama memberikan cakrawala kepercayaan kepada Tuhan, orang yang sungguh beragama akan dilandasi keyakinan relung hati akan daya kasih ilahi sehingga dalam aura hadirat-Nya kebutuhan terpenuhi. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang yakin akan daya Tuhan yang menjamin pemenuhan keprihatinan seseorang.

Ah, beragama itu harus bebas dari kepercayaan kekuatan magis.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...