Monday, February 20, 2023

Paguyuban Alumni KEP Talanging Berkah

Kursus-kursus dan atau pelatihan-pelatihan untuk kegiatan-kegiatan Gereja ada bermacam-macam. Ada yang berkaitan dengan bidang liturgi. Ada yang untuk pendampingan iman anak dan remaja. Ada yang untuk memperdalam Kitab Suci. Dan masih banyak yang lain. Salah satu yang berkaitan dengan pewartaan iman adalah Kursus Evangelisasi Pribadi yang disingkap KEP. Tentu saja itu bukan termasuk bidang paguyuban dalam kehidupan Gereja. Meskipun demikian para mantan peserta KEP banyak yang tetap menjalin hubungan, sehingga terjadilah PAGUYUBAN ALUMNI KEP. Dari para anggota paguyuban ini tidak sedikit yang kemudian menjadi panitia penyelenggaraan KEP di parokinya.


Paroki Banteng, Yogyakarta, termasuk menjadi tempat terlaksananya KEP. Hingga kini sudah ada 9 angkatan. Para mantan peserta juga menggabungkan diri dalam Paguyuban Alumni KEP Talanging Berkah. Di Paroki Banteng paguyuban ini dimasukkan dalam jajaran kelompok kategorial. Pada Selasa 14 Februari 2023 dari kelompok ini ada 12 orang yang berkunjung ke Domus Pacis Santo Petrus. Rm. Hartanta, Rm. Ria, Rm. Harto, Mgr. Blasius, dan Rm. Bambang adalah romo-romo yang menyambut. Ternyata pada umumnya mereka pernah berekunjung di Domus Pacis Puren. Apalagi ada beberapa pensiunan perawat dan perawat senior RS Panti Rapih yang sudah cukup dekat dengan Rm. Bambang. Bahkan ada yang ketika SMP mengalami diajar oleh Rm. Bambang ketika masih frater. Suasana sungguh amat akrab penuh tawa keceriaan. Apabila ada yang akan menyampaikan kata-kata seremonial, serobotan kata Rm. Bambang membuat buyar jadi cair bagaikan temu alumni angkatan sekolah. Ada gitar yang dibawa oleh salah seorang tamu. Para tamupun menyanyikan hingga 2 lagu. Sesudah itu Rm. Bambang mengajarkan sebuah lagu. Begitu sampai ujung nyanyian, ternyata kata-kata dibelokkan membuat gelak tawa. Ketika mau pulang, Mgr. Blasius menyampaikan doa dan berkat. Tetapi kepulangan mereka tertunda karena ada kata-kata Rm. Hartanta "Kalau mau nyumbang, Romo Bambang jual batik lho".

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...