Thursday, February 23, 2023

Lamunan Sesudah Rabu Abu

Jumat, 24 Februari 2023

Matius 9:14-15

14 Kemudian datanglah murid-murid Yohanes kepada Yesus dan berkata: "Mengapa kami dan orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?" 15 Jawab Yesus kepada mereka: "Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita selama mempelai itu bersama mereka? Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa.

Butir-butir Permenungan

  • Katanya, salah satu kegiatan masa Prapaskah adalah berpuasa. Puasa di dalam Gereja Katolik ditentukan selama 40 hari mulai hari Rabu, karena pada 6 hari Minggu ada libur puasa.
  • Katanya, dalam berpuasa orang menjalani matiraga dengan pantang atas atas menu dan kenikmatan lain. Dalam Gereja Katolik Uskup mengatur apa yang harus dilakukan dalam matiragi pada Rabu Abu dan Jumat Agung, sedang hari-hari lain ditentukan dalam komunitas atau keluarga atau secara perorangan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun bentuk-bentuk matiraga memang bisa mendukung praktek berpuasa, itu semua bisa tidak memiliki makna religius kalau tidak membuat orang mengalami sukacita relung hati karena keterbukaan pada hadirat Tuhan dalam hidup seseorang. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa bentuk-bentuk matiraga dalam berpuasa harus sesuai dengan perkembangan situasi hidup dan budaya setempat agar menjadi sarana mengalami inti puasa, yaitu membuka hati terhadap hadirat Tuhan dalam kehidupan kongkret,

Ah, puasa itu ya jelas wajib agama untuk tidak makan dan minum pada waktu tertentu.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...