Thursday, February 9, 2023

Lamunan Peringatan Wajib

Santa Skolastika, Perawan

Jumat. 10 Februari 2023

Markus 7:31-37

31 Kemudian Yesus meninggalkan pula daerah Tirus dan dengan melalui Sidon pergi ke danau Galilea, di tengah-tengah daerah Dekapolis. 32 Di situ orang membawa kepada-Nya seorang yang tuli dan yang gagap dan memohon kepada-Nya, supaya Ia meletakkan tangan-Nya atas orang itu. 33 Dan sesudah Yesus memisahkan dia dari orang banyak, sehingga mereka sendirian, Ia memasukkan jari-Nya ke telinga orang itu, lalu Ia meludah dan meraba lidah orang itu. 34 Kemudian sambil menengadah ke langit Yesus menarik nafas dan berkata kepadanya: "Efata!", artinya: Terbukalah! 35 Maka terbukalah telinga orang itu dan seketika itu terlepas pulalah pengikat lidahnya, lalu ia berkata-kata dengan baik. 36 Yesus berpesan kepada orang-orang yang ada di situ supaya jangan menceriterakannya kepada siapapun juga. Tetapi makin dilarang-Nya mereka, makin luas mereka memberitakannya. 37 Mereka takjub dan tercengang dan berkata: "Ia menjadikan segala-galanya baik, yang tuli dijadikan-Nya mendengar, yang bisu dijadikan-Nya berkata-kata."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, ada gambaran bahwa beriman itu sama dengan beragama. Dengan beriman orang akan memeluk agama.
  • Tampaknya, ada gambaran bahwa menjalani iman sama dengan menjalani wajib-wajib agama. Dengan beriman orang juga mendalami Kitab Suci dan ajaran-ajaran agama.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul dekat dengan kedalaman batin, sekalipun tekun menjalani dan mendalami agama, orang belum tentu sungguh beriman yang sejatinya tampak dalam kemudahan orang berkomunikasi dengan orang lain. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan relung hati orang menghayati iman sebagai sikap batin terbuka untuk bermesraan dengan Tuhan dan berkomunikasi dengan siapapun.

Ah, asal rajin doa ya jelas sudah beriman.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...