Wednesday, February 22, 2023

Lamunan Sesudah Rabu Abu

Kamis, 23 Februari 2023

Lukas 9:22-25


22
Dan Yesus berkata: "Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga." 23 Kata-Nya kepada mereka semua: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku. 24 Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan menyelamatkannya. 25 Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia, tetapi ia membinasakan atau merugikan dirinya sendiri?

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, pada umumnya orang tahu bahwa untuk hidup dibutuhkan hal-hal duniawi. Kepemilikan harta akan menjamin hidup.
  • Tampaknya, tak sedikit yang yakin berupaya mencari penghasilan adalah bukti kepedulian akan tanggung jawab hidup. Kalau punya tabungan dan banyak simpanan masa depan terjamin ketenangannya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun upaya keras mengumpulkan harta dan kekayaan dapat menghadirkan sanjungan, kalau hanya memburu hal-hal duniawi tanpa landasan hubungan mesra dengan yang berada dalam relung hati, orang justru akan amat terpuruk hidupnya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang bisa susah payah mengerjakan apapun demi kebaikan banyak orang.

Ah, kalau punya tabungan besar jelaslah hidup akan tenang.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...