Friday, February 16, 2024

Lamunan Sabtu Sesudah Rabu Abu

Sabtu, 17 Februari 2024

Lukas 5:27-32

27 Kemudian, ketika Yesus pergi ke luar, Ia melihat seorang pemungut cukai, yang bernama Lewi, sedang duduk di rumah cukai. Yesus berkata kepadanya: "Ikutlah Aku!" 28 Maka berdirilah Lewi dan meninggalkan segala sesuatu, lalu mengikut Dia. 29 Dan Lewi mengadakan suatu perjamuan besar untuk Dia di rumahnya dan sejumlah besar pemungut cukai dan orang-orang lain turut makan bersama-sama dengan Dia. 30 Orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat bersungut-sungut kepada murid-murid Yesus, katanya: "Mengapa kamu makan dan minum bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?" 31 Lalu jawab Yesus kepada mereka, kata-Nya: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; 32 Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, tetapi orang berdosa, supaya mereka bertobat.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, orang beragama bisa berusaha selalu mendengarkan sapaan Tuhan. Sapaan Tuhan dijumpai ketika membaca atau mendengarkan pembacaan Kitab Suci.
  • Tampaknya, tokoh agama dapat menghayati fungsinya sebagai panggilan Tuhan. Panggilan Tuhan diketahui karena kerajinannya aktif dalam kegiatan agama.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, sekalipun dalam Kitab Suci ada firman Tuhan dan dalam renungan bisa tertangkap kehendak Tuhan, orang dapat tergerak oleh sapaan Tuhan dalam keadaan apapun termasuk dalam kesibukan harian karena hadirat Tuhan ada di segala waktu dan tempat bahkan yang oleh umum dipandang tak layak. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang yakin bisa berjumpa dengan Tuhan dalam situasi dan kondisi apapun. 

Ah, Tuhan itu jelas hadir dalam kegiatan doa dan ibadat.

No comments:

Post a Comment

Jadi Katekumen Masuk Sorga Minggu 5

    "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Ker...