Wednesday, February 21, 2024

Lamunan Pesta

Tahta Santo Petrus Rasul

Kamis, 22 Februari 2024

Matius 16:13-19

13 Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: "Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?" 14 Jawab mereka: "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi." 15 Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?" 16 Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!" 17 Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. 18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. 19 Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, seseorang akan menjadi tokoh karena ditopang oleh banyak pendukung. Dia adalah orang yang menonjol di antara kiri kanannya.
  • Tampaknya, seseorang akan menjadi tokoh yang sungguh masyhur karena banyak pengikutnya. Dia menjadi rujukan dari segala yang dianggap baik.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun seseorang memiliki banyak kebaikan sebagai tokoh untuk menjadi idola banyak orang, seorang tokoh sejati justru menjadi topangan terjadinya persekutuan banyak orang untuk saling mengolah hidup demi kebaikan umum. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati seseorang sungguh menjadi seorang tokoh bukan karena dukungan banyak orang tetapi karena menjadi pendukung banyak orang menemukan damai sejahtera kehidupan. 

Ah, tokoh itu ya punya kekayaan untuk mendapatkan dukungan banyak orang.

No comments:

Post a Comment

Jadi Katekumen Masuk Sorga Minggu 5

    "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Ker...