Sunday, February 11, 2024

Lamunan Pekan Biasa VI

Senin, 12 Februari 2023

Markus 8:11-13

11 Lalu muncullah orang-orang Farisi dan bersoal jawab dengan Yesus. Untuk mencobai Dia mereka meminta dari pada-Nya suatu tanda dari sorga. 12 Maka mengeluhlah Ia dalam hati-Nya dan berkata: "Mengapa angkatan ini meminta tanda? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberi tanda." 13 Ia meninggalkan mereka; Ia naik pula ke perahu dan bertolak ke seberang.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, orang hebat kerap memiliki tanda-tanda. Ada tanda pangkat yang tersemat di pakaian, dan ada tanda penghargaan yang bisa dipajang di kamar tamu.
  • Tampaknya, tanda-tanda memang dapat menjadi bukti bagi orang lain bahwa si pemilik memang memiliki kehebatan. Dengan tanda yang dipertontonkan seseorang bisa menunjukkan prestasi.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun dengan tanda-tanda kebesaran dan penghargaan orang dapat menunjukkan dan membuktikan kedudukan dan kehebatannya, orang tidak akan mempertontonkan di hadapan musuh sekalipun diminta. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa tanda-tanda memang bisa menunjukkan jati diri tetapi dia tak akan mempertontonkan justru di hadapan yang berseberangan. 

Ah, terhadap musuh orang yang sungguh hebat harus menunjukkan prestasinya.

No comments:

Post a Comment

Jadi Katekumen Masuk Sorga Minggu 5

    "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Ker...