Friday, February 23, 2024

Lamunan Pekan I Prapaskah

Sabtu, 24 Februari 2024

Matius 5:43-48

43 Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. 44 Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. 45 Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar. 46 Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian? 47 Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allahpun berbuat demikian? 48 Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, ada gambaran bahwa yang namanya kasih itu berkaitan dengan kecocokan. Maka hubungan pertemanan bahkan pacaran terjadi karena ada kasih satu sama lain.
  • Tampaknya, ada gambaran bahwa yang namanya kasih terjadi kalau ada hubungan baik yang satu terhadap yang lain. Kasih tak dapat terjadi kalau istilahnya hanya bertepuk sebelah tangan atau tak ada balasan kasih.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun yang namanya kasih menghubungkan orang dengan orang lain, kasih sejati tidak menuntut adanya balasan kasih bahkan menuntut orang tetap berkepedulian terhadap yang berseberangan apalagi tak ada balasan kebaikan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan relung hati orang sadar bahwa dengan bertindak kasih orang menyatu dengan Tuhan sang kasih sejati sehingga terhadap yang jahatpun terbuka untuk berbaikan. 

Ah, kalau bertepuk sebelah tangan hubungan kasih tak akan terjadi.

No comments:

Post a Comment

Jadi Katekumen Masuk Sorga Minggu 5

    "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Ker...