Wednesday, February 14, 2024

Lamunan Kamis Sesudah Rabu Abu

Kamis, 15 Februari 2024

Lukas 9:22-25

22 Dan Yesus berkata: "Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga." 23 Kata-Nya kepada mereka semua: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku. 24 Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan menyelamatkannya. 25 Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia, tetapi ia membinasakan atau merugikan dirinya sendiri?

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, tak sedikit yang menggambarkan Tuhan sebagai Yang Mahakuasa. Di dalam Tuhan orang akan mengalami ketenangan.
  • Tampaknya, tak sedikit yang menggambarkan Tuhan sebagai Yang Mahapelindung. Di dalam Tuhan orang tak akan mengalami susah derita.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun dalam Tuhan ada kekuasaan yang maha, kemahakuasaan-Nya justru ada dalam ketahanan-Nya menghadapi berbagai derita dan penolakan sehingga pengikut-Nyapun harus berada dalam perjuangan hidup. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang menghayati hidup sebagai perjuangan menghayati beban keseharian berlandaskan sikap tak hanya cari enak.  

Ah, yang penting hidup itu ya yang santai-santai saja.

No comments:

Post a Comment

Jadi Katekumen Masuk Sorga Minggu 5

    "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Ker...