Saturday, February 17, 2024

Lamunan Pekan I Prapaskah

Minggu, 18 Februari 2024

Markus 1:12-15

12 Segera sesudah itu Roh memimpin Dia ke padang gurun. 13 Di padang gurun itu Ia tinggal empat puluh hari lamanya, dicobai oleh Iblis. Ia berada di sana di antara binatang-binatang liar dan malaikat-malaikat melayani Dia.

14 Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah, 15 kata-Nya: "Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!"

Butir-butir Permenungan

 

·       Tampaknya, di dalam pertobatan orang biasa mengaitkan dengan dosa. Untuk bersih dari dosa orang melakukan pertobatan.

·       Tampaknya, tak sedikit agama memiliki tata ritual tertentu untuk pertobatan. Di dalam agama Katolik ada tata ritual pengakuan dosa.

·       Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun pertobatan banyak dipahami berkaitan dengan ketidaktaatan keagamaan, pertobatan pertama-tama adalah sikap terbuka terhadap hadirat Tuhan dalam hidup harian yang berbuahkan keceriaan relung hati. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang yang bertobat akan memalingkan sikap hati dari melandaskan hidup pada hal duniawi ke rasa nikmat mengandalkan Tuhan. 

Ah, bertobat itu ya jelas mengaku dosa.

No comments:

Post a Comment

Jadi Katekumen Masuk Sorga Minggu 5

    "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Ker...