Sunday, January 22, 2023

Lamunan Pekan Biasa III

Senin, 23 Januari 2023

Markus 3:22-30

22 Dan ahli-ahli Taurat yang datang dari Yerusalem berkata: "Ia kerasukan Beelzebul," dan: "Dengan penghulu setan Ia mengusir setan." 23 Yesus memanggil mereka, lalu berkata kepada mereka dalam perumpamaan: "Bagaimana Iblis dapat mengusir Iblis? 24 Kalau suatu kerajaan terpecah-pecah, kerajaan itu tidak dapat bertahan, 25 dan jika suatu rumah tangga terpecah-pecah, rumah tangga itu tidak dapat bertahan. 26 Demikianlah juga kalau Iblis berontak melawan dirinya sendiri dan kalau ia terbagi-bagi, ia tidak dapat bertahan, melainkan sudahlah tiba kesudahannya. 27 Tetapi tidak seorangpun dapat memasuki rumah seorang yang kuat untuk merampas harta bendanya apabila tidak diikatnya dahulu orang kuat itu. Sesudah itu barulah dapat ia merampok rumah itu. 28 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya semua dosa dan hujat anak-anak manusia akan diampuni, ya, semua hujat yang mereka ucapkan. 29 Tetapi apabila seorang menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa kekal." 30 Ia berkata demikian karena mereka katakan bahwa Ia kerasukan roh jahat.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, agama mengajarkan bahwa Tuhan Mahapengampun. Seorang pendosa yang mohon pengampunan akan hilang dosanya.
  • Tampaknya, agama mengajarkan bahwa dosa memang membuat orang melepaskan diri dari Tuhan. Tetapi kalau kembali kepada-Nya, dosa pun jadi pudar.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun semua dosa memiliki jalan pengampunan, kalau orang tahu seseorang adalah sosok sungguh baik dan yang dilakukan sungguh mulia tetapi berusaha meyakinkan banyak orang ke sana-sini bahwa itu adalah kekuatan black majic, orang itu memantapkan diri berseberangan dengan Tuhan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa pembenci kebaikan ada dalam kejahatan sampai di keabadian. 

Ah, tak usah pikir dosa-dosa yang hanya mengganggu kenyamanan hidup.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...