Friday, January 20, 2023

Masuk Rumah Sakit

Pada Selasa 20 Januari 2023 sehabis makan siang Rm. Bambang langsung tidur. Pada jam 14.00 dia sudah terbangun dan kemudian membuka HP. Ada pesan masuk dalam grup WA UNIO KAS NEWS yang berisi pengumuman dan informasi untuk para romo projo Keuskupan Agung Semarang. Rm. Bambang cukup terkejut karena masuknya info dari Bapak Uskup Mgr. Rubiyatmoko. Isi informasi adalah "Mohon Doa. Para Romo. Mohon doanya untuk kesembuhan Rm. FA Suntara Pr yang perlu opname di RSPR. Semoga lekas sembuh dan sehat kembali".  Rm. Bambang langsung meng-copy dan mengirimkan ke Rm. Hartanta, Direktur Domus Pacis, disertai tulisan "Leres?" (Betulkah?).


Beberapa hari lalu Rm. Suntara mengalami mengeluarkan darah dari mulutnya. Katanya, menurut salah satu dokter yang dihubungi oleh Rm. Hartanta lewat telepon, itu keluar dari bekas ventilator yang hingga sekarang masih sering berdahak. Beberapa hari ini beliau mendapatkan menu khusus diet untuk makan. Rm. Bambang sesudah membaca informasi dari Uskup keluar kamar dan berjumpa dengan Mas Hari yang baru menyirami taman. "Apa bener Rm. Suntara opname?" (Betulkan Rm. Suntara opname?). Mas Hari mengatakan memang benar tadi pendarahan lagi kemudian dibujuk agar mau dibawa ke RS Panti Rapih. Mas Fallah dan Mbak Tri mengantarnya. "Kala wau badhe matur romo, nanging panjenengan nembe sare" (Tadi akan bilang ke romo, tapi Anda sedang tidur). Ternyata di HP Rm. Bambang ada jawaban dari Rm. Hartanta "Betul. Beliau tadi muntah muntah dan disarankan mondok. Sakit apa belum ada info". Salah satu karyawan, Mbak Tri yang ikut mengantar ke Panti Rapih menceriterakan bahwa banyak darah terus keluar dari mulut Rm. Suntara. Darah baru berhenti ketika beliau sudah menerima suntikan dan infus. Berbagai pemeriksaan seperti laboratorium untuk darah, foto rongen, dan scan juga dilakukan. Kini beliau berada di RS Panti Rapih Ruang Carolus 601.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...