Tuesday, January 3, 2023

Kunjungan ke Keluarga

Sebetulnya hal ini sudah diumumkan oleh Rm. Hartanta beberapa hari sebelum tanggal 25 Desember 2022. Rm. Hartanta sebagai Direktur Domus Pacis memberi kesempatan para romo sepuh yang biasa makan bersama untuk mengambil liburan mengunjungi keluarga. Satu persatu para romo sepuh ditanya secara perorangan. Rm. Suntara menjawab "Kula mboten, romo" (Saya tidak akan pulang, romo). Rm. Harto menjawab dengan suara lirih "Inggih" (Ya, saya akan mengunjungi rumah) sambil menganggukkan kepala. Rm. Ria berkata "Takpikir-pikire dhisik" (Saya pikir-pikir dahulu). Rm. Yadi memberikan jawaban "Rikala ulang tahun imamat kula sampun kepanggih kaliyan sanak sedherek" (Pada ulang tahun imamat saya 8 Desember 2022 saya sudah berjumpa dengan sanak famili). Rm. Hartanta hanya tersenyum ketika memandang Rm. Bambang, karena tahu dia tidak akan pulang. Rm. Bambang memang bersuara "Kula pun mboten gadhah griya" (Saya sudah tak punya rumah). Sementara itu Mgr. Blasius menyatakan akan mengunjungi kakak lelakinya di Sidoarjo dan kakak perempuan yang jadi suster di Probolinggo. 


Rm. Hartanta ternyata memberi informasi kalau mau mengunjungi rumah jangan hari Senin, Rabu, dan Sabtu. Pada hari-hari itu sopir dan seorang karyawan harus mengantar dan mendampingi Rm. Joko Sistiyanto untuk cuci darah. Rm. Harto ketika mengunjungi adik-adiknya diantar oleh Mas Hari. Beliau berangkat pagi dan tiba kembali di Domus pada waktu makan siang. Bagi Rm. Bambang yang membuat geli adalah Rm. Ria. Paling tidak Rm. Bambang melihat sendiri Rm. Hartanta menanyai lagi apakah akan mengunjungi keluarga atau tidak. Ternyta jawabnya sama, yaitu "Takpikir-pikire dhisik" (Saya pikir-pikir dahulu). Dalam hal Mgr. Blasius yang akan ke Jawa Timur, beliau merancang akan melakukannya sesudah Tahun Baru 2023. Ternyata rancangan hari dan jam berubah-ubah. Dalam rencana beliau akan pergi bersama keluarga kemenakan. Tetapi mengingat kondisi beliau, akhirnya rencana ini dibatalkan. Karena baru Rm. Harto yang memanfaatkan peluang diantar kunjungan keluarga, Rm. Bambang berpikir untuk ikut memanfaatkan. Pada waktu makan siang Senin 2 Januari 2023 dia berkata kepada Rm. Hartanta "Romo, menapa kula benjang enjang kepareng dipun teraken tuwi om kula ingkang sakit wonten Papringan?" (Romo, apakah besok pagi Selasa 3 Januari 2023 saya bisa diantar mengunjungi om yang sakit dan tinggal di Papringan?). Rm. Hartanta memberi izin. Maka pada Selasa pagi jam 08.30 Mas Fallah mengantar Rm. Bambang dengan mobil menuju Dusun Papringan. Tetapi jam 10.30 dia sudah berada kembali di Domus Pacis. Sedang Rm. Hartanta sendiri mengunjungi ibunya berangkat sesudah makan malam pada Rabu 4 Januari 2023.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...