Wednesday, January 25, 2023

Ikut Perayaan Pentahbisan


Ketika makan pagi, Rabu 25 Januari 2023, Rm. Suntara berkata kepada Rm. Bambang "Engko kowe melu nekani tahbisan ta? Kon jubahan lho" (Nanti kamu ikut menghadiri tahbisan ta? Disuruh pakai jubah lho). Pada Selasa sore 24 Januari 2023 Rm. Bambang memang pergi mendampingi pendalaman keagamaan kelompok lansia di Pringgolayan. Ketika kembali pada malam hari Mas Haryono memberi informasi bahwa yang akan ikut tahbisan di Seminari Tinggi diminta berjubah. 

Pada jam 09.30 Rabu itu, Rm. Ria, Rm. Harto, Rm. Yadi, dan Rm. Bambang sudah siaga duduk di kursi roda masing-masing dengan mengenakan jubah. Mgr. Blasius sudah mendahului ke Seminari. Tentu saja Rm. Hartanta juga berjubah. Rm. Hartanta dan 3 karyawan langsung mendorong para romo sepuh yang berkursi roda itu menuju Seminari dan masuk Kapel. Pihak Panitia Seminari Tinggi sudah menyediakan tempat khusus di bagian barat depan menghadap ke panti imam. Tetapi yang ikut arahan menempati tempat itu adalah Mgr. Blasius, Rm. Ria, Rm. Harto, dan Rm. Bambang. Beberapa saat Rm. Joko Setyo yang juga berkursi roda dan berjubah, dulu rektor Seminari Tinggi, ikut menjadi satu kelompok dengan 4 orang romo sepuh Domus. 

Pada hari itu ada 12 orang mendapatkan Sakramen Tahbisan dari Bapak Uskup Mgr, Rubiyatmoko. Selain ada suster-suster banyak umat awam yang ikut hadir, jumlah imam juga banyak. Banyak kursi di panti imam terisi penuh oleh para romo. Para romo lain, yang masih banyak, mendapat tempat di banyak kursi yang ditata di samping luar kapel sayap timur dan sayap barat. Duabelas penerima Sakramen Tahbisan terdiri dari 11 orang frater untuk Tahbisan Diakon dan 1 orang Diakon untuk Tahbisan Imamat. Romo Diakon Irfan ditahbisan menjadi imam praja Keuskupan Agung Semarang. Sedang 11 orang frater yang menerima Tahbisan Diakon berasal dari 2 Keuskupan dan 2 Kongregasi. Enam orang dari Keuskupan Agung Semarang, 2 orang dari Keuskupan Purwokerto, 1 orang dari MSF, dan 2 orang dari SS.CC. Kalau Tuhan mengizinkan 6 Rm. Diakon dari Keuskupan Agung Semarang akan ditahbisan sebagai imam besok Agustus 2023.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...