Monday, January 2, 2023

Lamunan Masa Natal

Selasa, 3 Januari 2023

Yohanes 1:29-34

29 Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia. 30 Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Kemudian dari padaku akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku. 31 Dan aku sendiripun mula-mula tidak mengenal Dia, tetapi untuk itulah aku datang dan membaptis dengan air, supaya Ia dinyatakan kepada Israel." 32 Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya: "Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya. 33 Dan akupun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus. 34 Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, ada gambaran bahwa sedorang pewarta iman adalah aktivis agama. Dia harus punya pengetahuan tentang agama.
  • Tampaknya, ada gambaran bahwa seorang pewartaan harus mampu menjelaskan agamanya kepada orang lain. Dia juga harus memiliki kemampuan berbicara di hadapan orang banyak untuk menerangkan topik-topik keagamaan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul dekat dengan kedalaman batin, sekalipun pengetahuan tentang agama mendukung omongan tentang iman, pewarta iman sejati akan mengutamakan pengalaman batin buah keterbukaan batinnya akan hadirat ilahi. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan sadar bahwa pewartaan iman adalah tindakan berbagi pengalaman bati berjumpa dan bergaul dengan Tuhan.

Ah, asal punya banyak pengetahuan agama dan pintar public speaking orang pasti mutu dalam pewartaan iman.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...