Tuesday, January 31, 2023

Lingkungan Santa Angela Merici Pringwulung

Pada waktu makan pagi Minggu 29 Januari 2023 Rm. Hartanta memberikan pengumuman "Para romo, nanti akan ada tamu dari salah satu Lingkungan Pringwulung. Jumlahnya 20 orang." "Kawandasa, romo" (40 orang, romo) sela Rm. Bambang. Rm. Hartanta berkata "Kalih kula criyos kalihdasa" (Mereka berkata kepada saya 20 orang). Rm. Bambang menjelaskan "Kala wau dalu Bu Ratmi telpon kula taken yen ingkang dhaftar tambah kathah kados pundi" (Tadi malam Bu Ratmi, salah satu anggota Lingkungan itu, bertanya bagaimana kalau tambah banyak pendaftar). Bu Ratmi memang menyebut angkan 40 dan Rm. Bambang mengatakan "Ya wis teka wae" (Sudahlah. Datang saja).


Pada sekitar jam 10.00 rombongan tamu sudah datang. Mereka dari Lingkungan yang lokasinya di timur gedung gereja Pringwulung yang meluas ke timur dan selatan. Pada pagi itu mereka bertugas dalam Misa Pagi Paroki Pringwulung dalam tugas-tugas seperti kor, misdinar, prodiakon, dan lektor. Pada Minggu itu mereka merayakan Santa Angela Merici yang menjadi pelindung Lingkungan. Peringatan Santa Angela Merici sebenarnya pada tanggal 27 Januari. Tetapi untuk tahun ini mereka merayakannya pada Minggu 29 Januari 2023. Pada waktu itu romo sepuh yang menyambut adalah Rm. Yadi, Mgr. Blasius, Rm. Ria, Rm. Harto, dan Rm. Bambang. Kecuali Mgr. Blasius, para tamu sudah mengenal dengan para romo yang ada. Maklumlah, kecuali Mgr. Blasius, semua romo sepuh di Domus Kentungan dulu tinggal di Domus Pacis Puren, Pringwulung. Itulah sebabnya kunjungan itu bagaikan temu kangenan. Maka layaklah kalau suasana jadi sungguh asyik sambil cerita-cerita masa lalu, Tentu saja Rm. Bambang mengenalkan Domus Pacis Santo Petrus dan kondisi para romo masa kini. Tentu saja Rm. Bambang mempromosikan kain batiknya untuk mencari dana memestakan ulang tahun imamat para romo Domus.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...