Thursday, January 5, 2023

Lamunan Masa Natal

Jumat, 6 Januari 2023

Markus 1:7-11

7 Inilah yang diberitakannya: "Sesudah aku akan datang Ia yang lebih berkuasa dari padaku; membungkuk dan membuka tali kasut-Nyapun aku tidak layak. 8 Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus."

9 Pada waktu itu datanglah Yesus dari Nazaret di tanah Galilea, dan Ia dibaptis di sungai Yordan oleh Yohanes. 10 Pada saat Ia keluar dari air, Ia melihat langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati turun ke atas-Nya. 11 Lalu terdengarlah suara dari sorga: "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, ada gambaran bahwa dengan berdoa dan dan beribadat orang sudah beragama. Agama bisa digambarkan berisi tata ritual yang mengatur doa dan peribadatan.
  • Tampaknya, selain doa dan peribadatan memang ada wajib-wajib lain yang harus dihayati. Itu adalah sedekah dan puasa.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, segalipun doa dan sedekah serta puasa sudah membuat orang yakin beragama, itu semua belum membawa orang menghayati kesejatian beragama yang membuat orang terbuka terhadap tuntunan nurani dan menjalani bisikan kasih ilahi. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang dalam beragama bisa makin menyadari bimbingan Roh untuk ikut menjadi pelaku kasih Tuhan.

Ah, asal sudah berdoa, beredekah, dan berpuasa, orang sudah beres dalam agama.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...