Wednesday, May 1, 2024

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Atanasius, Uskup dan Pujangga Gereja

Kamis, 2 Mei 2024

Yohanes 15:9-11

9 "Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu. 10 Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya. 11 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh.

Butir-butir Permenungan

 

·       Tampaknya, pada umumnya orang ingin selalu bergembira. Itu berarti orang ingin jauh dari berbagai permasalahan.

·       Tampaknya, memang ada gambaran bahwa kegembiraan itu adalah lawan dari situasi konflik. Orang akan bergembira karena tidak menghadapi hal-hal di luar kehendaknya.

·       Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun rasa gembira mudah terganggu oleh berbagai masalah, orang yang biasa taat pada kata-kata relung hati akan tetap menemukan keceriaan sekalipun berhadapan apapun yang memberati hidup. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan tetap mengalami hati penuh sukacita walau berhadapan dengan tantangan dan ancaman.

Ah, kegembiraan akan sirna karena ada konflik.

No comments:

Post a Comment

Rm. Vikjen Menginap Domus

Pagi itu, ketika waktu makan Sabtu 14 September 2024, suasana makan sungguh terisi banyak tawa. "Alatnya benar atau salah?" tanya ...