Friday, May 10, 2024

Lamunan Pekan Paskah VI

Sabtu, 11 Mei 2024

Yohanes 16:23b-28

23b Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku.  24 Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu. 25 Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu.

26 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa, 27 sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah. 28 Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, doa adalah kegiatan terbesar dan terbanyak dalam hidup beragama. Permohonan paling banyak mengisi doa.
  • Tampaknya, orang bisa menemukan berbagai macam model doa agar permohonan terpenuhi. Kalau permohonan tak terkabul orang dapat berpikir belum menemukan cara dan macam yang tepat.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun tekun dan terus melakukan doa permohonan, orang baru sungguh berdoa permohonan kalau itu muncul dari hasil pembicaraan dengan relung hati. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati sekalipun memiliki permohonan dalam doa, orang akan tertuntun mengikuti kehendak Tuhan sebagai yang paling dibutuhkan.

Ah, asal bisa memilih teks doa yang mutu, permohonan akan terkabul.

No comments:

Post a Comment

Rm. Vikjen Menginap Domus

Pagi itu, ketika waktu makan Sabtu 14 September 2024, suasana makan sungguh terisi banyak tawa. "Alatnya benar atau salah?" tanya ...