Sunday, May 5, 2024

Lamunan Pekan Paskah VI

Senin, 6 Mei 2024

Yohanes 15:26-16;4a

26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. 27 Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku."

1 "Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku. 2 Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah. 3 Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku. 4 Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, ada gambaran bahwa dengan beragama orang jadi baik. Dengan beragama orang berada dalam lindungan Tuhan.
  • Tampaknya, ada gambaran bahwa dengan beragama orang jauh dari perbuatan jahat. Dengan beragama orang tak bisa didekati oleh setan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun agama mengetengahkan berbagai kebaikan untuk hidup, kalau jatuh pada kefanatikan praktek tertentu dan hanya satu pandangan kebaikan, orang justru dapat memusuhi Tuhan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan mengikuti Tuhan dalam konteks hidup apapun sehingga berpandangan luas dan mudah menghargai kebaikan dari manapun asalnya.

Ah, kalau beragama orang pasti bebas dosa.

No comments:

Post a Comment

Rm. Vikjen Menginap Domus

Pagi itu, ketika waktu makan Sabtu 14 September 2024, suasana makan sungguh terisi banyak tawa. "Alatnya benar atau salah?" tanya ...