Tuesday, May 7, 2024

Lamunan Pekan Paskah VI

Rabu, 8 Mei 2024

Yohanes 16:12-15

12 Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. 13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. 14 Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku. 15 Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, tak seorangpun yang tidak ingin memiliki kebenaran. Orang tak ingin mengalami kesalahan.
  • Tampaknya, orang memang bisa bahagia kalau hidup dalam kebenaran. Ketika bersalah pun orang berjuang mencari pembenaran.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun orang bisa kebingungan dalam menentukan mana benar dan mana salah, orang akan selalu berada dalam kebenaran kalau hidupnya di bawah kewibawaan relung hati. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang bisa selalu mengalami wilayah hidup bernuansa kebenaran.

Ah, asal jalani wajib-wajib agama, orang tak akan pernah salah.

No comments:

Post a Comment

Rm. Vikjen Menginap Domus

Pagi itu, ketika waktu makan Sabtu 14 September 2024, suasana makan sungguh terisi banyak tawa. "Alatnya benar atau salah?" tanya ...