Wednesday, May 8, 2024

Lamunan Hari Raya

Kenaikan Tuhan

Kamis, 9 Mei 2024

Markus 16:15-20

15 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. 16 Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. 17 Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, 18 mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh." 19 Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah. 20 Merekapun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, ada gambaran bahwa Tuhan Yesus naik ke sorga berarti meninggalkan kesibukan dunia. Dia menikmati kehidupan surgawi secara mulia.
  • Tampaknya, dengan naik ke sorga Tuhan Yesus digambarkan sungguh menjadi sosok penting. Dia akan kembali ke dunia kelak di akhir zaman.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, sekalipun sesudah bangkit Tuhan Yesus naik ke sorga, sejatinya Tuhan membuka era Gereja sehingga pentertaan-Nya menjadi penyertaan ilahi dalam tugas misioner umat Kristiani. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang yakin bahwa kenaikan Tuhan Yesus ke sorga adalah pemercayaan perjuangan penyelamatan kepada yang taat pada firman Tuhan.

Ah, ikut Tuhan itu ya cari yang enak anugrah-Nya dong.

No comments:

Post a Comment

Rm. Vikjen Menginap Domus

Pagi itu, ketika waktu makan Sabtu 14 September 2024, suasana makan sungguh terisi banyak tawa. "Alatnya benar atau salah?" tanya ...