Thursday, May 9, 2024

Lamunan Pekan Paskah VI

Jumat, 10 Mei 2024

Yohanes 16:20-23a

20 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya kamu akan menangis dan meratap, tetapi dunia akan bergembira; kamu akan berdukacita, tetapi dukacitamu akan berubah menjadi sukacita. 21 Seorang perempuan berdukacita pada saat ia melahirkan, tetapi sesudah ia melahirkan anaknya, ia tidak ingat lagi akan penderitaannya, karena kegembiraan bahwa seorang manusia telah dilahirkan ke dunia. 22 Demikian juga kamu sekarang diliputi dukacita, tetapi Aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira dan tidak ada seorangpun yang dapat merampas kegembiraanmu itu dari padamu. 23a Dan pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepada-Ku. 

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, ada gambaran bahwa Tuhan adalah sumber segala damai sejahtera. Dalam Tuhan hanya ada kebahagiaan.
  • Tampaknya, ada gambaran bahwa yang taat pada Tuhan tak akan menemukan marabahaya. Orang beriman tak akan menderita.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun janji bahagia ada bagi kaum beriman, orang beriman sejati justru bisa mudah mengalami penderitaan karena tentangan dan tantangan orang-orang yang hanya mengejar kepuasan dan kesenangan duniawi. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan berada dalam perjuangan demi kebaikan umum yang mudah ditentang oleh yang hanya mencari kepuasan diri.

Ah, kalau sungguh beriman tak ada kejahatan mendekat.

No comments:

Post a Comment

Rm. Vikjen Menginap Domus

Pagi itu, ketika waktu makan Sabtu 14 September 2024, suasana makan sungguh terisi banyak tawa. "Alatnya benar atau salah?" tanya ...