Tuesday, August 1, 2023

Lamunan Pekan Biasa XVII

Rabu, 2 Agustus 2023

Matius 13:44-46

44 "Hal Kerajaan Sorga itu seumpama harta yang terpendam di ladang, yang ditemukan orang, lalu dipendamkannya lagi. Oleh sebab sukacitanya pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu. 45 Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah. 46 Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, iapun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu."

Butir-butir Permenungan

  • Katanya, setiap orang selalu mempunyai kebutuhan. Berkaitan dengan ini ada yang menghadirkan tingkat-tingkat kebutuhan.
  • Katanya, kebutuhan dasar berkaitan dengan pangan, pakaian, dan rumah. Tetapi tampaknya makin terpenuhi kebutuhan dasar, sekalipun kebutuhan-kebutuhan di atasnya juga terpenuhi, orang bisa makin memperbanyak dan menumpuk-numpuk yang dasar untuk menjadi harta yang makin berlimpah.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, seberlimpah-limpah apapun harta kekayaannya, semuanya adalah untuk hidup dan untuk menjaga hidup orang akan rela melepas semuanya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan amat mengagungkan kesejatian hidup yang menghadirkan damai sejahtera lahir batin sehingga berani melepas apapun yang dimiliki untuk mengejarnya. 

Ah, asal kaya raya orang dapat terpenuhi segala kemauannya.

No comments:

Post a Comment

Jadi Katekumen Masuk Sorga Minggu 5

    "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Ker...