Thursday, August 24, 2023

Peristiwa Pertama


Pada tanggal 1 Juni 2010 jam 04.00 saya mandi dan mempersiapkan tas berisi beberapa hal kecil. Kunci-kunci pintu dan beberapa almari yang ada di gedung Museum Misi Muntilan Pusat Animasi Misioner (MMM PAM) saya kumpulkan. Menjelang jam 05.00 saya membangunkan Mas Yulianto, karyawan Museum. Ketika saya menyerahkan kunci-kunci dia bertanya "Romo badhe tindak pundi?" (Romo akan ke mana?). "Lho, dina iki aku pindah Domus Pacis Puren, ta?" (Bukankah hari ini saya pindah ke Domus Pacis Puren?). Mas Yuli membantu mengeluarkan moyot roda 3. Saat itu juga saya dengan motor roda 3 melaju menuju Domus Pacis Puren, Pringwulung. Bawaan memang hanya 1 tas. Semua barang milik saya sudah dipindahkan beberapa hari sebelumnya ke jatah kamar saya di Domus. Perjalanan menuju Domus berhenti 3 kali : 1) makan bubur gudeg di pinggir jalan di Kentungan; 2) membeli beberapa sabun dan pasta gigi di minimart; 3) menghadap Minister Domus yang menjadi Pastor Paroki Pringwulung di Pastoran Pringwulung.

Itulah saya ketika masuk rumah para romo tua di Domus. Ketika itu di Domus sudah ada almarhum Rm. Harjaya, Rm. Yadi, Rm. Harto, Rm. Agoeng, dan Rm. Agus Suryono. Yang terakhir hanya tinggal sementara untuk menjalani program tertentu. Lima belas hari kemudian sesudah kedatangan saya, Rm. Joko Sistiiyanto juga masuk Domus. Tidak ada rombongan pengantar dari Paroki Jetis, asal karyanya, ke Domus. Ketika pada 1 Juni 2021 semua romo Domus Pacis Puren pindah tinggal di Domus Pacis Santo Petrus, selain Rm. Agoeng yang sudah menjadi Pastor Paroki Wates dan Rm. Joko yang tinggal di Pastoran Pringwulung, yang pindah adalah Rm. Yadi, Rm. Harto, Rm. Tri Wahyono, Rm. Tri Hartono, Rm. Ria, Rm. Jayasewaya, Rm. Suntara, Rm. Supriyanto, dan saya. Tentu saja Rm. Hartanta, direktur Domus Pacis Santo Petrus yang sudah 9 bulan ikut tinggal di Puren, juga termasuk boyongan ke Kentungan. Rm. Joko menyusul pindah Domus Petrus sebulan kemudian. Selama di Puren, dari nama-nama romo itu hanya Rm. Tri Hartono dan Rm. Supriyanto yang diantar rombongan kecil ketika masuk Domus. Dari 2 romo ini yang memakai pidato sederhana hanyalah peristiwa masuknya Rm. Priyanto. Itupun terjadi seperti kalau ada rombongan pengunjung yang berjumlah kecil. Memang, ketika Rm. Joko masuk Domus Petrus, para romo dan sejumlah pengantar dari Pringwulung menyertainya yang kemudian ada seremoni serah terima dengan pimpinan Domus Petrus. Tetapi suasananya juga seperti rombongan kunjungan ke romo sepuh Domus.

Suasana masuk Domus memang terkesan sepi tak semarang seperti pindahnya romo dari satu paroki ke paroki lain. Apalagi kalau romo yang masuk Domus terjadi langsung dari rumah sakit. Biasanya suster dan atau perawat mengantarnya. Maka peristiwa Rabu sore hingga malam pada tanggal 23 Agustus 2023 menjadi kejadian istimewa bagi Domus Pacis paling tidak yang saya alami selama 13 tahun tinggal para romo sepuh di Domus. Romo yang berkarya di Pugeran (Rm. Kendar, Rm. Andre, dan Rm Arif) datang ke Domus Pacis St. Petrus bersama Dewan Paroki dan umat lain. Jumlah mereka lebih dari 75 orang. Ketika masuk Domus semua tamu disambut dengan welcome snak. Menjelang jam 18.00 semua masuk Kapel. Seorang pembawa acara tampil menyampaikan rentetan acar dalam Kapel. Misa dimulai dipimpin oleh ketiga romo di atas ditambah Rm. Hartanta sebagai direktur Domus. Kor menyanyi dengan penuh semangat. Rm. Kendar yang memimpin Misa mengatakan bahwa ini adalah Misa Syukur karena Pugeran mengalami 8 tahun bersama Rm. Yohanes Sari Jatmiko, yang sudah tinggal di Domus semenjak Februari 2023. Pada bagian homili ada 3 umat yang tampil menyampaikan kesaksian tentang Rm. Sari sebagai romo Pugeran. Kesemarakan peresmian Rm. Sari menjadi penghuni Domus bermuara pada makan malam bersama yang menghadirkan catering. Bahkan ada kelompok ibu-ibu yang berkali-kali menghadirkan senam dengan iringan musik.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...