Monday, August 7, 2023

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Dominikus, Pendiri Ordo Pengkotbah

Selasa, 8 Agustus 2023

Matius 15:1-2.10-14

1 Kemudian datanglah beberapa orang Farisi dan ahli Taurat dari Yerusalem kepada Yesus dan berkata: 2 "Mengapa murid-murid-Mu melanggar adat istiadat nenek moyang kita? Mereka tidak membasuh tangan sebelum makan." 10 Lalu Yesus memanggil orang banyak dan berkata kepada mereka: 11 "Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang." 12 Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: "Engkau tahu bahwa perkataan-Mu itu telah menjadi batu sandungan bagi orang-orang Farisi?" 13 Jawab Yesus: "Setiap tanaman yang tidak ditanam oleh Bapa-Ku yang di sorga akan dicabut dengan akar-akarnya. 14 Biarkanlah mereka itu. Mereka orang buta yang menuntun orang buta. Jika orang buta menuntun orang buta, pasti keduanya jatuh ke dalam lobang."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, seorang penderita sakit dapat disebut baik kalau melakukan perkataan dokter. Dia juga akan menyantap makanan sesuai aturan diet.
  • Tampaknya, seorang agamawan dapat disebut baik kalau melakukan tatanan dalam agama. Dia akan taat menjalani yang diperintahkan oleh agama.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun perintah agama dan banyak nasihat hidup baik menghadirkan tuntunan berbagai kebaikan dan kebenaran, baik buruk dan benar salah seseorang ditentukan oleh sikap batin seseorang yang mendorong perbuatannya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar baik olah sikap batin adalah penentu menjadi sosok baik atau sosok buruk.  

Ah, asal menjalani aturan agama orang tak akan sesat.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...