Saturday, August 19, 2023

Lamunan Pekan Biasa XIX

Minggu, 20 Agustus 2023

Matius 15:21-28


21
Lalu Yesus pergi dari situ dan menyingkir ke daerah Tirus dan Sidon. 22 Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: "Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita." 23 Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawabnya. Lalu murid-murid-Nya datang dan meminta kepada-Nya: "Suruhlah ia pergi, ia mengikuti kita dengan berteriak-teriak." 24 Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel." 25 Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: "Tuhan, tolonglah aku." 26 Tetapi Yesus menjawab: "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing." 27 Kata perempuan itu: "Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya." 28 Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: "Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki." Dan seketika itu juga anaknya sembuh.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, ada gambaran bahwa pengabulan doa terjadi kalau orang sungguh beragama. Dengan tekun menjalani agama orang jelas dekat Tuhan.
  • Tampaknya, ada gambaran bahwa pengabulan doa juga terjadi kalau orang memang memiliki kelayakan hidup. Dia akan menjaga perilaku sesuai dengan kaidah agama.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, sekalipun menjalani agama dengan tertib mengingatkan orang akan Tuhan, dalam hal kesejatian pengabulan doa terjadi kalau orang sungguh sadar tak berharga di mata Tuhan dan Ikhlas kalau mendapatkan penghinaan demi tujuan mulyanya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar makin mulia perjuangan seseorang makin siaga dan terbuka orang terhadap perendahan dan penghinaan.

Ah, asal tujuan baik orang akan lancar meraihnya.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...