Wednesday, August 16, 2023

17an Agustus di Domus Pacis


Pada minggu-minggu pertama Agustus 2023 banyak berita kegiatan masyarakat di tempat hunian masing-masing. Banyak berita medsos menayangkan bahkan dengan gambar-gambar dan videonya. Beberapa chanel TV juga ada tayangan-tayangan kegiatan dengan tujuan sama. Bahkan ada utusan dari kampung tertentu datang ke Rm. Bambang untuk membeli batik. Batik itu akan dijadikan hadiah dalam lomba-loba yang diadakan oleh ibu-ibu RT. Semua kegiatan itu terarah menuju hari istimewa, 17 Agustus 2023. Inilah hari besar bangsa Indonesia. Ini adalah Hari Raya Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ini adalah hari ulang tahun RI ke 78. Banyak paroki Gereja Katolik merayakan dengan Misa khusus bahkan di tanggal 16 Agustus 2023 sore atau malam.

Sebenarnya Domus Pacis Santo Petrus sudah jauh dari derap kegiatan masyarakat seperti. Para romo sepuh, penghuni Domus, sudah jauh dari kesibukan umat sebagaimana tertayang dalam video-video dari para romo yang ikut tirakatan tanggal 16 Agustus 2023 malam. Video-video itu banyak mengisi grup WA para romo praja UNIO KAS. Meskipun demikian, dengan segala ke-"amat sederhana"annya penghuni Domus juga ikut memperingati Hari Kemerdekaan RI ke 78. Dengan menggunakan kain bekas dekorasi Syawalan 2023 yang dibalik, karyawan membuat arena aula berwarna ke-Indonesia-an. Bendera-bendera merah-putih menjadi pertanda yang meyakinkan. Pada Kamis pagi, 17 Agustus 2023, para romo sudah disiagakan dengan mandi lebih pagi. Kalau pada jam 06.30 biasa menuju ruang makan untuk makan pagi, hari itu mereka didorong dengan kursi roda menuju Kapel. Pagi itu Misa, yang biasanya terjadi pada jam 17.30, diganti pagi hari untuk memperikati HUT RI ke 78. Sehabis Misa bersama para karyawan para romo, kecuali yang harus dijaga di kamar, mengadakan upacara bendera secara sederhana. Makan pagi bersama ditambah menu khusus bubur telor yang dikirim oleh Bu Rini.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...