Friday, August 18, 2023

Lamunan Pekan Biasa XIX

Sabtu, 19 Agustus 2023

Matius 19:13-15

13 Lalu orang membawa anak-anak kecil kepada Yesus, supaya Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan mendoakan mereka; akan tetapi murid-murid-Nya memarahi orang-orang itu. 14 Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga." 15 Lalu Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan kemudian Ia berangkat dari situ.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, ada pandangan dalam hal pendidikan anak kecil harus selalu ada dalam pengawasan yang tua. Dia bisa mengacau kalau ikut dalam pertemuan.
  • Tampaknya, ada pandangan dalam hal menjaga keselamatan anak kecil harus selalu ada dalam penjagaan yang tua. Dia bisa bertindak yang bisa mencelakakan dirinya sendiri atau bisa membahayakan orang lain.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun anak kecil dalam bertindak belum menggunakan penalaran dan bisa membuat kesalahan, tetapi justru di dalam anak kecillah ada keteladanan sejati orang dalam beriman. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang tak akan menilai buruk dan salah apalagi berdosa terhadap anak kecil sekalipun di hadapan kaum dewasa dinilai tidak terpuji. 
Ah, bagaimanapun juga anak kecil harus diawasi karena dapat merusak apapun.

No comments:

Post a Comment

Jadi Katekumen Masuk Sorga Minggu 5

    "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Ker...