Friday, August 4, 2023

Pengharum Cebok

Dalam suatu temu medsos Ibu Monic yang jadi host berseru "Romo Bambang tidak tahu kalau diperdaya oleh Pak Han. Dia diakali oleh Pak Han. Saat ini Pak Han sedang cuci gudang. Ada banyak tisu basah tersisa dan sudah expired. Pak Han tidak punya tempat untuk menyimpan atau membuang. Maka dikirim ke Romo Bambang. Rumah romo dijadikan tempat sampah". Kata-kata Bu Monic membuat tertawa semua teman medsos yang ikut perjumpaan. Kata-kata Bu Monic terjadi untuk mengomentari barang yang ditunjukkan oleh Rm. Bambang dalam tayangan itu. Bu Monic memang sudah akrab dengan Rm. Bambang. Dulu keduanya adalah sesama direktur Karya Kepausan Indonesia di keuskupan masing-masing dan bahkan Rm. Bambang ketika belum pensiun pernah jadi koordinator Regio Jawa. Saling ejek di antara keduanya bisa terjadi.

Ternyata mendengar komentar Bu Monic di atas, Rm. Bambang menanggapi dengan menguti salah satu ayat Kitab Suci. Rm. Bambang berkata bahwa Yesus pernah berfirman "Belum pernahkah kamu baca dalam Kitab Suci: Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru: hal itu terjadi dari pihak Tuhan, suatu perbuatan ajaib di mata kita." (Mat 21:42) Sontak ada salah satu peserta bertanya "Romo, lalu apa hubungannya dengan tisu basah expired?", yang juga menimbulkan tawa yang langsung ditumpangi oleh kata-kata Rm. Bambang "Semua harus tahu. Ternyata tisu basah expired itu memberikan bantuan kesejahteraan pada rumah kami yang dihuni romo-romo lansia. Sembilan orang romo membutuhkan bantuan karyawan yang harus menggunakan tisu. Ini untuk kepentingan berak. Nah, dengan tisu basah walau expired, itu justru amat berguna dan memberikan bau harum pada dubur 9 romo". Penjelasan Rm. Bambang mengakibatkan tawa terkekeh-kekeh dari para peserta temu medsos. Dan Pak Han, pengirim paket yang harus diterima dan diambil dengan menggunakan troli, berseru "Betuuuuul, romo. Saya juga menggunakan" yang membuat tawa sulit terhenti. Pak Han adalah sahabat baru Rm. Bambang yang beberapa kali mengirim paket yang punya makna bagi Domus.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...