Thursday, August 8, 2024

Lamunan Pekan Biasa XVIII

Jumat, 9 Agustus 2024

Matius 16:24-28

24 Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku. 25 Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya. 26 Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya? 27 Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya. 28 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat Anak Manusia datang sebagai Raja dalam Kerajaan-Nya."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, banyak anggapan bahwa Tuhan akan selalu memudahkan hidup orang beriman. Dalam segala kesulitan orang dapat lari ke Tuhan.
  • Tampaknya, banyak orang yakin bahwa dalam Tuhan marabahaya akan menyingkir. Dengan setia kepada Tuhan orang akan bebas dari berbagai gangguan dan ancaman.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun dengan beriman orang menginginkan damai sejahtera, kebahagiaan sejati justru menjadi buah kesediaan orang untuk bersusah derita karena ikut dalam Tuhan untuk menghadirkan kebaikan umum. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa kebahagiaan itu selalu menjadi isi dari tindakan korban bagi kepentingan umum.

Ah, ikut Tuhan itu pasti enak.

No comments:

Post a Comment

Diikuti 105 Orang Umat

Misa Domus Pacis Santo Petrus biasa terjadi pada setiap jam 17.30 dari Senin sampai Sabtu. Sabtu sore biasa memakai liturgi Minggu. Seandain...