Thursday, August 1, 2024

Lamunan Pekan Biasa XVII

Jumat, 2 Agustus 2024

Matius 13:54-58

54 Setibanya di tempat asal-Nya, Yesus mengajar orang-orang di situ di rumah ibadat mereka. Maka takjublah mereka dan berkata: "Dari mana diperoleh-Nya hikmat itu dan kuasa untuk mengadakan mujizat-mujizat itu? 55 Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas? 56 Dan bukankah saudara-saudara-Nya perempuan semuanya ada bersama kita? Jadi dari mana diperoleh-Nya semuanya itu?" 57 Lalu mereka kecewa dan menolak Dia. Maka Yesus berkata kepada mereka: "Seorang nabi dihormati di mana-mana, kecuali di tempat asalnya sendiri dan di rumahnya." 58 Dan karena ketidakpercayaan mereka, tidak banyak mujizat diadakan-Nya di situ.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, orang yang memiliki kelebihan dibanding banyak orang bisa terkenal di masyarakat. Dia bisa menjadi idola di mana-mana sebagai sosok hebat.
  • Tampaknya, orang hebat akan banyak dicari oleh banyak orang. Rumahnya bisa mengalami datangnya banyak tamu.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun banyak disanjung dan dijadikan idola serta diminta jasanya oleh banyak orang, sehebat apapun seseorang, dia bisa dipandang biasa bahkan bisa diremehkan oleh orang serumah dan tetangga-tetangganya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang yang sungguh hebat, yang dikagumi di banyak tempat, akan siaga tak dihargai di lingkungan sendiri.

Ah, kalau hebat, seseorang bisa jadi aset keluarga dapat banyak uang.

No comments:

Post a Comment

Diikuti 105 Orang Umat

Misa Domus Pacis Santo Petrus biasa terjadi pada setiap jam 17.30 dari Senin sampai Sabtu. Sabtu sore biasa memakai liturgi Minggu. Seandain...