Friday, August 9, 2024

Lamunan Pesta

Santo Laurensius, Diakon dan Martir

Sabtu, 10 Agustus 2024

Yohanes 12:24-26

24 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah. 25 Barangsiapa mencintai nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, tetapi barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya untuk hidup yang kekal. 26 Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situpun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, yang namanya hidup adalah hal yang dipandang sebagai amat berharga. Hidup adalah anugrah besar bagi manusia.
  • Tampaknya, hidup harus amat dilindungi. Apapun yang mengancam hidup selalu dipandang sebagai bahaya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun hidup amat sangat berharga dan harus dihargai, kalau orang hanya mempertahankan bentuk lahiriah, dia justru akan kehilangan kehidupan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang yakin bahwa hilang atau musnahnya wujud lahiriah bentuk hidup justru menghadirkan amat banyak bentuk-bentuk baru kehidupan.

Ah, apapun yang baik harus diperjuangkan agar lestari.

No comments:

Post a Comment

Diikuti 105 Orang Umat

Misa Domus Pacis Santo Petrus biasa terjadi pada setiap jam 17.30 dari Senin sampai Sabtu. Sabtu sore biasa memakai liturgi Minggu. Seandain...