Thursday, August 22, 2024

Lamunan Pekan Biasa XX

Jumat, 23 Agustus 2024

Matius 22:34-40

34 Ketika orang-orang Farisi mendengar, bahwa Yesus telah membuat orang-orang Saduki itu bungkam, berkumpullah mereka 35 dan seorang dari mereka, seorang ahli Taurat, bertanya untuk mencobai Dia: 36 "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?" 37 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. 38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. 39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. 40 Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, pada umumnya orang tahu bahwa tata hukum amat dibutuhkan untuk kebaikan umum. Dengan adanya hukum orang mendapatkan pegangan untuk hidup baik.
  • Tampaknya, pada umumnya orang tahu bahwa sadar hukum itu amat penting. Inilah sebabnya perumusan tatanan untuk setiap bidang kehidupan harus jelas dan tak multi tafsir.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun untuk setiap bidang dan setiap kebersamaan memiliki tatanan sebagai pegangan, semua perumusan dan penghayatannya akan sungguh baik bagi kehidupan kalau mengungkapkan jiwa akrab dengan Tuhan dalam relung hati dan keterbukaan sikap terhadap siapapun manusia. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menghayati berbagai macam tata aturan sebagai tanda hubungan mesranya dengan Tuhan dan keterbukaan dirinya dengan siapapun. 

Ah, yang namanya tata hukum itu ya tergantung siapa yang membuat.

No comments:

Post a Comment

Diikuti 105 Orang Umat

Misa Domus Pacis Santo Petrus biasa terjadi pada setiap jam 17.30 dari Senin sampai Sabtu. Sabtu sore biasa memakai liturgi Minggu. Seandain...